Situs Informasi Tentang Dunia Malam dan Hiburan Malam ⚤

Hal-Hal yang Harus dihindari Ketika Minum Alkohol

Table of Content

Berada di zaman dimana semua hal dapat kita akses, membuat perilaku manusia pun berubah mengikuti zaman ini. Tentunya generasi milenial saat ini sudah tidak asing dengan kata-kata dunia malam atau hiburan malam yang sangat kental dengan minuman beralkohol. Apalagi untuk beberapa kasus seperti anak muda yang hidup di kota metropolitan atau kota-kota besar yang ada di negara Indonesia ini seharusnya sudah tidak asing dengan kata-kata tersebut.

Tapi tahukah Anda alkohol boleh-boleh saja diminum dengan takaran atau dosis yang secukupnya. Drink with Responsible, kata-kata ini sering kita dengar tentunya bukan? Meminum alkohol sah-sah saja apabila Anda mengetahui dosis untuk badan Anda menerima minuman surga ini. Apabila Anda melewati dosis badan Anda, biasanya Anda akan terkena black out atau pingsan. Minuman beralkohol sebenarnya tidaklah jahat, jika kalian meminumnya pada tempat dan dosis yang pas, minuman ini akan memberikan efek minuman surga apabila Anda melakukannya sesuai dosis dan tempatnya.

Apabila Anda berencana untuk datang ke pesta atau sekadar menikmati minuman yang mengandung alkohol, maka Anda harus melakukan persiapan.Persiapan itu terkait hal yang akan Anda konsumsi. Anda diminta berhati-hati dengan apa yang Anda konsumsi sebelum datang ke pesta itu.Sebab, beberapa makanan memiliki dampak yang buruk bagi tubuh Anda jika digabungkan bersama minuman beralkohol.

Berikut 4 makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan dengan alkohol :

4 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi Dengan Alkohol

1. Camilan Asin

Pada prinsipnya, alkohol mengeringkan tubuh Anda. Seperti halnya kafein, alkohol adalah diuretik, sehingga meningkatkan jumlah urin yang dihasilkan tubuh sambil menghalangi pelepasan hormon yang diperlukan untuk penyerapan air.

Makanan ringan asin seperti popcorn, keripik, dan kacang-kacangan hanya membuat Anda haus, membuat Anda meraih minuman lain, yang selanjutnya membuat tubuh Anda lebih dehidrasi. Untuk mengatasi dehidrasi, makan makanan yang berbasis air seperti buah-buahan dan sayuran (mentimun dan semangka sangat baik).

2. Makanan Pedas

Mengkonsumsi makanan pedas dan asam dalam kombinasi dengan alkohol sebenarnya dapat memicu refluks asam dan mulas.

Sebab, alkohol mengendurkan otot-otot yang menjaga makanan dan cairan di pencernaan Anda. Jadi, hindari makanan ini jika tak mau sakit perut.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau memang penting dan baik untuk kesehatan tubuh. Namun, makan salad sebelum Anda minum minuman beralkohol akan mempercepat kadar alkohol naik dalam darah.

Sebaiknya, Anda makan makanan yang mengandung protein tinggi, seperti ayam karena akan membantu mengurangi kecepatan kadar alkohol meningkat dalam darah.

4. Sushi

Ikan mentah dan minuman alkohol merupakan kombinasi yang aneh, apalagi sushi biasa dimakan bersamaan dengan kecap asin. Kecap asin inilah yang akan mendehidrasi tubuh, sehingga Anda lebih mudah untuk mabuk setelah minum alkohol.

Mempunyai hobi atau kesukaan untuk meminum alkohol sebenarnya wajar-wajar saja, hanya saja Anda juga harus menjaga kondisi badan Anda. Dikarenakan kesehatan nomor 1 dan party ada di nomor 2. Jika Anda melupakan atau lalai dalam menjaga kesehatan tubuh, dengan secara langsung Anda juga tidak dapat bersenang-senang di dunia malam bukan? Maka karena itu Anda juga harus terhindar dari penyakit-penyakit kronis yang sering terjadi jika Anda meminum alkohol terlalu banyak atau melebihi dosisnya.

Berikut adalah Penyakit kronis akibat terlalu banyak alkohol :

Penyakit Kronis Akibat Kecanduan Alkohol

Penyakit kronis yang disebabkan oleh kecanduan alkohol tentunya harus diwaspadai. Selain berdampak buruk dalam jangka pendek, minuman beralkohol punya efek negatif permanen bagi kesehatan bila dikonsumsi dalam waktu yang lama dan terlalu berlebihan.

Salah satu penyakit yang disebabkan oleh kecanduan alkohol adalah penyakit hati. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah pada hati atau liver kamu, seperti perlemakan hati, hepatitis, hingga penyakit sirosis.

Demensia

Kacaunya otak juga bisa membuat kamu kehilangan ingatan jangka pendek, serta masalah kognitif jangka panjang, termasuk demensia dan sindrom Wernicke-Korsakoff. Gangguan saraf ini dikaitkan dengan kekurangan vitamin B, terutama kekurangan vitamin B1 yang menjadi penyebab sindrom Wernicke-Korsakoff. Sebuah penelitian di Perancis menemukan, dari 1 juta lebih orang dewasa yang mengalami kasus demensia, 57 ribunya terkait dengan konsumsi alkohol yang berlebihan. Pecandu alkohol juga dapat mengalami mati rasa di tangan dan kaki, gangguan dalam berpikir, dan hilang ingatan jangka pendek.

Pankreatitis

Kondisi ini ditAndai dengan peradangan berat, yang menyebabkan diabetes dan kanker pankreas. Batu empedu dan kelainan genetik bisa menyebabkan hal ini. Namun, konsumsi alkohol berlebihan, meningkatkan risiko itu lebih besar. Minuman keras mengganggu fungsi pankreas dan menyebabkan organ mengeluarkan enzim pencernaan secara internal. Bukan mengirimnya ke usus kecil, tempat seharusnya dia pergi.

Kanker

Minuman keras meningkatkan risiko terkena kanker jenis tertentu seperti payudara, hati, mulut, dan tenggorokan. NIAAA menyatakan dari satu juta wanita, 13 persen kasus kanker bisa dikaitkan dengan konsumsi alkohol. Menurut Ray Lebeda, spesialis obat-obatan keluarga dari Orlando Health Physician Associates, ketika alkohol dipecah oleh tubuh, zat itu diubah menjadi kimia beracun yang disebut asetaldehida. Senyawa ini bisa melukai DNA dan protein dalam tubuh, dan menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh.

Kerusakan Tulang

Alkohol bisa menghambat produksi sel tulang baru, sehingga berpotensi menyebabkan pengeroposan tulang atau osteoporosis. Selain tulang, sumsum tulang juga dirusak oleh alkohol, hal ini mengakibatkan gangguan produksi sel darah yang dihasilkan di sumsum tulang. Salah satu akibatnya, tubuh menjadi mudah memar akibat sel keping darah (trombosit) yang rendah.

Pneumonia dan Tuberkulosis

Alkohol menekan sistem kekebalan tubuh dan mengganggu kemampuan sel darah putih untuk terbentuk. Dalam jangka pendek, itu bisa membuat kamu rentan terkena pilek atau penyakit lain. Namun, dalam jangka panjang sistem kekebalan akan berada di titik rentan terhadap penyakit menular serius. Beberapa di antaranya adalah pneumonia dan tuberkulosis. Infeksi bakteri yang berpotensi mengancam nyawa dan mempengaruhi paru-paru.

HIV

Sistem kekebalan yang ditekan alkohol, membuat kamu rentan terkena infeksi. Salah satunya saat berhubungan seks, terutama tanpa kondom. Minuman keras menempatkan kamu pada risiko tertinggi tertular HIV. Ketika tubuh telah tertular penyakit itu, virusnya akan berkembang lebih cepat daripada mereka yang bukan seorang peminum.

Dengan berbagai penyakit kronis yang disebabkan oleh kecanduan alkohol tersebut, kamu tentunya harus segera berhenti mengonsumsi minuman beralkohol. Tips mengatasi kecanduan alkohol adalah dengan mengubah gaya hidup dengan menerapkan gaya hidup sehat dan berolahraga.

Selain itu, kamu juga perlu menjalani pengobatan medis dengan mengikuti program detoksifikasi atau rehabilitasi. Ketika kamu memutuskan berhenti minum minuman beralkohol, maka kamu harus menghentikannya secara total, tidak meminum alkohol sama sekali walau hanya setetes. Dikarenakan sifat dari minuman alkohol adalah adiktif atau menagihkan, sehingga tidak jarang kita melihat banyak orang yang susah untuk keluar dari posisi kecanduan alkohol yang sangat parah.

Akan tetapi berhenti dari kecanduan meminum alkohol dan clubbing bukanlah hal yang mustahil, beberapa orang dapat melakukan ini jika mereka melakukannya dengan niat yang kuat. Sudah ada beberapa contoh orang yang berhenti kecanduan meminum alkohol. Diantara beberapa orang ini ada segenap artis tanah air yang berhasil untuk keluar dari kecanduan ini.

Berikut adalah beberapa artis tanah air yang berhasil keluar dari kecanduan meminum alkohol:

4 Artis yang Berhasil Keluar dari Kecanduan Alkohol

Terjun di dunia hiburan, membuat para selebriti lekat dengan dunia malamn atau hiburan malam. Tingkat stres yang tinggi, membuat para selebriti sering mencari hiburan seperti ke diskotek untuk bersenang-senang dan melepas penat. Seperti yang dilakukan para selebriti ini di mana masa mudanya sering dihabiskan untuk dugem. Namun para selebriti cantik ini sudah bertobat dan berhenti menegak minuman ini.

1. Kesha Ratuliu

Video dan foto saat Kesha Ratuliu tengah clubbing beredar di media sosial. Ia bahkan terlihat dicekoki teman-temannya dengan sebotol minuman keras. Bahkan gaya pacarannya dengan sang mantan Wafda, kekasihnya saat itu jadi sorotan karena dinilai terlalu kelewatan dan berlebihan. Tapi kini gadis kelahiran 1998 itu sudah bertobat. Ia bahkan mantap untuk mengenakan hijab dan sudah dipersunting kekasihnya.

2. Nikita Willy

Nikita Willy blak-blakan bahwa ia sudah suka party sejak usia 16 tahun. Sejak saat itu ia jadi doyan untuk pergi clubbing bareng teman-teman. Foto-fotonya saat tengah dugem beredar luas di internet. Tapi setelah sang ayah meninggal, Nikita Willy kini tampil lebih tertutup. Almarhum ayahnya berpesan kepadanya untuk menjalani hidupnya lebih baik lagi dan tak terus-terusan pacaran. Kini wanita 26 tahun itu sudah dinikahi Indra Priawan yang sudah lama menjalin hubungan dengannya.

3. Marsha Aruan

Mantan kekasih El Rumi, Marsha Aruan tak malu membuka aib dirinya yang dulu doyan dugem dan mencoba minum-minuman keras. Ia akhirnya tobat setelah merasa ditegur oleh Tuhan. Marsha yang baru saja dibaptis itu ngaku hidupnya kini lebih tenang usai menjadi sosok yang lebih relijius. Ia bahkan sudah tak pernah dugem lagi.

4. Cerelia Raissa

Artis FTV Cerelia Raissa ngaku dulunya sering menikmati dunia malam. Tak cuma clubbing, ia juga kecanduan minum-minuman keras. Hingga pada akhirnya dia berhenti akibat kecanduan alkohol membuatnya tidak bisa tidur di malam hari. Tapi sejak akhir 2019, Cerelia yang sempat tak percaya Tuhan itu memutuskan untuk hijrah. Ia bahkan mendalami agama Islam dan juga mantap berhjab.

Sekali lagi meminum alkohol bukanlah hal yang salah, jika Anda meminumnya masih dalam batas wajar dan tidak kecanduan oleh minuman ini. Jika Anda memang mencintai minuman beralkohol setidaknya Anda mengetahui dosis wajarnya dan imbangi dengan makanan yang sehat, olahraga yang teratur, sehingga Anda dapat melakukan kegiatan ini tetapi badan Anda tetap bugar dan sehat.

Semua artis tanah air yang berhasil berhenti dari meminum alkohol adalah contoh nyata bahwa tidak ada yang tidak mungkin walaupun sulit untuk dilakukan. Akan tetapi semua ini adalah pilihan dari masing-masing orang, Jika Anda ingin tetap party dan meminum alkohol, tetap jaga badan Anda dan selalu tahu dosis. Drink with Responsible dan have fun!

Artikel Terkait: