Situs Informasi Tentang Dunia Malam dan Hiburan Malam ⚤

Perbedaan Bar, Lounge, Pub, Diskotek dan Club

Untuk melepaskan penatnya pekerjaan, orang-orang biasanya akan mencari tempat hiburan. Nah, salah satu tempat hiburan malam atau dunia malam yang kerap dikunjungi orang adalah bar.

Bagi para pecinta dunia malam tentunya kalian sudah tidak asing dengan kata-kata bar, lounge, pub, diskotek, dan club. Tentunya tempat-tempat diatas sudah sering anda dengar bukan? Akan tetapi banyak orang yang masih tidak tahu perbedaan dari lima tempat yang berbeda tersebut. Tentunya tempat tersebut dibuat dengan nama yang berbeda pasti dengan tujuan yang berbeda juga.

Maka penting bagi kalian para pecinta dunia malam atau hiburan malam yang sedang membaca artikel ini untuk mengetahui perbedaan lima tempat tersebut serta tujuan dibuatnya lima tempat tersebut. Akan aneh rasanya jika kalian pergi ke tempat tersebut dengan tujuan yang salah bukan? Mau tau apa saja perbedaan di antara tempat hiburan malam tersebut?

Berikut adalah perbedaan dan penjelasan dari masing-masing tempat tersebut :

Bar

Bar adalah sebuah tempat, di mana para pengunjung bisa menikmati berbagai minuman baik beralkohol maupun tidak, kecuali kopi dan teh. Biasanya, bar hanya menjual minuman beralkohol untuk para tamunya. Tempat yang mayoritas ada di sebuah hotel ini biasanya memiliki ruangan yang redup dan samar-samar. Pada fungsi utama dan tujuan utama tempat ini biasanya untuk buka pagi–malam dengan barang yang dijual tentunya berbeda pada masing-masing waktu.

Biasanya jika bar buka di pagi hari menuju sore hari mereka akan menjual aneka makanan dan minuman, tentunya masih tersedia minuman beralkohol, akan tetapi biasanya minuman yang dijual mempunyai kadar alkohol ringan seperti beer atau pun mocktail dan cocktail.

Jika pada malam hari bar akan merubah menu penjualannya menjadi aneka snacks dan minuman beralkohol yang mempunyai tingkatan alkohol diatas 10%, berbagai macam liquor dan spirits bisa anda temukan di tempat ini.

Lounge

Lounge adalah sebuah tempat yang biasanya ada di hotel berbintang. Lounge biasanya dijadikan tempat untuk minum-minum sambil bersantai dengan gaya yang lebih elegan. Tak seperti tempat lainnya, orang yang datang ke lounge biasanya mengenakan pakaian rapi dan sopan. Harga minumannya pun lebih mahal darpada bar. Untuk menu minuman yang dijual mayoritas berbentuk campuran atau berupa cocktail dan mocktail bahkan dibeberapa lounge mereka mempunyai signature mixers nya tersendiri.

Pub

Pub adalah sebuah tempat yang lebih besar daripada tempat lainnya, karena pub diperuntukkan untuk komunitas. Pub juga menyediakan banyak tempat duduk yang cocok dijadikan tempat diskusi sambil mendengarkan live musik. Dikarenakan tujuan tempat ini untuk minum santai ataupun diskusi maka biasanya mayoritas pub menyediakan tempat yang comfy untuk sekedar hangout ataupun berbicara dengan teman-teman sehingga mayoritas menyediakan meja yang banyak yang berkapasitas group agar sensai hangout bersama teman-teman anda terasa.

Tapi tidak jarang juga beberapa orang menjadikan tempat ini untuk mabuk berat biasanya orang seperti ini akan langsung dikawal oleh security setempat. Untuk minuman yang dijual bisa jadi mirip dengan menu minuman yang dijual di bar, akan tetapi untuk menu makanan akan lebih sedikit jika dibandingkan oleh bar.

Diskotek

Nah untuk tempat yang ini pasti anda para pecinta dunia malam atau hiburan malam sudah sangat tidak asik dengan kata ‘diskotek’. Ya betul diskotek adalah tempat para pengunjung menghabiskan waktu malam hingga pagi menikmati music yang dimainkan oleh seorang Disc Jockey (DJ) sambal meminum beragam sajian minuman beralkohol. Diskotik diperuntukkan sebagai tempat hardcore party. Suasana di dalam diskotik biasanya gelap dan mengandalkan lampu sorot berputar. Di sini juga terdapat dance floor berukuran cukup besar. Ya bukan untuk tujuan lagi, dance floor yang berukuran besar ini diperuntukan untuk Anda para pecinta dunia malam untuk melepaskan Hasrat untuk berjoget dan menari.

Hal yang paling menyenangkan di tempat ini adalah kerumunan orang yang sangat asik dan feel yang hanya bisa didapatkan di tempat ini yaitu Diskotek. Untuk menu yang disediakan oleh tempat ini sangatlah beragam dan hampir lengkap jika dibandingkan oleh tempat sebelumnya yaiut Lounge, Bar, Pub. Dikarenakan tempat ini diperuntukan untuk kalian para hard-core party maka di tempat ini semua minuman disediakan.

Untuk perbandingan harga tentunya akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan bar, minuman beralkohol ditempat ini mayoritas akan lebih mahal, bisa dibilang hampir sama dengan harga minuman yang dijual di Lounge. Untuk kalian yang ingin mencoba masuk ke diskotek jangan lupa untuk melihat events yang berlangsung ya! Jika kalian tidak mencari tahu events yang sedang berlangsung, bisa saja kalian tidak akan dapat tempat atau table. Dikarenakan di tempat ini bisa dibilang sering berlangsung acara atau events.

Club

Tempat terakhir, Banyak yang mengira bahwa club malam sama saja dengan pub dan diskotik. Namun, club malam, pub dan diskotik itu berbeda. Club adalah sebuah bangunan yang di dalamnya terdapat kurang lebih 3 layanan, yaitu pub, diskotik atau karaoke. Maka jika kalian bingung ingin menentukan tempat melepas penat yang sesuai dengan tujuan kalian, Club adalah pilihan paling tepat, dikarenakan tempat ini sangatlah lengkap dan menyediakan semua yang ada di club, bar dan pub. Dan tentunya menu untuk minuman yang tersedia sangatlah lengkap.

Mayoritas Club malam menyediakan segala jenis minuman beralkohol dan non-alkohol. Mulai dari Whisky, Wine, Rum, Vodka, Brandy,Gin dan untuk minuman mixernya terdapat Cocktail,Mocktail,Mojito. Tentunya minuman yang disediakan sangatlah lengkap bukan? Jangan khawatir jika kalian ingin membeli minuman non-alkohol, biasanya club malam menyediakan berbagai jenis minuman non-alkohol yang bisa kalian beli dan konsumsi dan tetap menikmati suasana atau feel dari club malam tersebut.

Untuk di Indonesia terdapat Club malam terbaik yang bisa kalian kunjungi, diantaranya adalah :

  • Jenja (Jakarta & Bali) :

    Jakarta (Cilandak Town Square Lantai 1, Jl. T.B. Simatupang Kav. 17, Cilandak Barat, Cilandak, RT.2/RW.1, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta)

    Bali (Townsquare Suites, Jl. Nakula 18, Seminyak, Kuta, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361)

  • Immigrant (Jakarta) :
    Jl. H. R. Rasuna Said No No.Kav X-6, 8, RT.16/RW.4, Kuningan, Karet Kuningan, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

  • Sky Garden (Bali) :
    Jl. Raya Legian No.61, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

  • LXXY (Bali)
    Jl. Raya Legian No.71, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

  • Mirror (Bali)
    Seminyak, Jl. Petitenget No.106, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali

  • Bosshe (Bali)
    Jl. By Pass Ngurah Rai No.89X, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

  • La Favela (Bali).
    Jalan Laksamana Oboroi No.177X, Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80561

Dan masih banyak lagi tergantung daerah yang kalian kunjungi, akan tetapi tempat-tempat yang tadi disebutkan adalah club terbaik yang sudah diakui oleh sampai kanca international.

Jika kalian sudah menentukan tempat berkunjung untuk melepas penat dan menghabiskan waktu malam, tentunya kalian harus pulang dengan aman walaupun kondisi Anda sedang mabuk bukan?

Berikut adalah Tips aman saat pulang clubbing :

Tips Aman Saat Pulang Clubbing

1. Bawa Teman

Klub malam adalah tempat yang sangat menyenangkan di dunia malam. Untuk itu, jika ingin menghabiskan waktu di sana, Anda disarankan membawa teman.
Jangan sampai datang sendirian. Ada kemungkinan, dalam kondisi setengah sadar Anda akan mendapat masalah. Jika bersama teman, sudah pasti tidak akan ada kesempatan bagi mereka yang ingin berniat jahat.

2. Sewa Jasa Taksi Sebelumnya

Selain bawa teman, perlu juga untuk memikirkan keamanan saat pulang, yakni dengan melakukan negoisasi dengan jasa taksi online atau konvensional sebelumnya.
Saat pulang dini hari, mereka bisa menjemput di klub yang Anda sedang kunjungi. Dengan begitu, keselamatan lebih terjamin. Apalagi berurusan dengan dunia malam, penuh tantangan dan tentu rentan terhadap kriminalitas.

3. Jangan Terlalu Mabuk

Jangan terlalu terbuai dengan suasana hingar bingar di dalam klub malam. Jika ingin bersenang-senang di tempat itu boleh-boleh saja, tapi ada baiknya Anda tidak terlalu mabuk.
Jika Anda mabuk, nanti akan merepotkan diri sendiri dan membuka kesempatan mereka berbuat jahat. Menghindari kejahatan itu, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi alkohol dengan sewajarnya saja supaya keselamatan terjaga dan tiba di rumah dengan keadaan baik.

4. Jangan Menyetir Sendiri

Pastikan untuk tidak menyetir sendiri. Jika harus melakukannya, harus dalam kondisi sadar agar semuanya baik-baik saja. Tetapi, yang menjadi persoalan ketika kondisi Anda setengah sadar dan dipaksakan berkendara, akan membuka peluang para pelaku kejahatan untuk bereaksi.
Hal itu sudah seharusnya diwaspadai, bila Anda ingin selamat tiba di rumah setelah berkunjung ke klub malam.

5. Jangan Terlalu Capek

Klub malam adalah tempat melepaskan penat, tetapi disarankan jangan berdansa atau joget tanpa henti. Apalagi, jika esok harinya harus bekerja atau melakukan rutinitas yang lebih penting.

Dalam hal ini harus memahami bahwa ada batasan dari setiap tindakan yang dilakukan. Jika ingin bersenang-senang di tempat hiburan malam, ada baiknya Anda menjalankannya dengan sewajarnya saja. Selain untuk menjaga kesehatan Anda, cara ini bisa mencegah adanya tindakan kejahatan yang mengancam keselamatan.

Nah dengan beberapa tips diatas kalian dapat mencoba nya nanti jika kalian berkunjung ke tempat hiburan malam agar kalian pulang ke rumah dengan aman dan selamat. Kalian juga bisa bersenang-senang bersama teman-teman asalkan tahu batas dan jangan sampai kalian salah tempat dan salah tujuan lagi ya!

Konten Terkait: